Rabu, 07 November 2012

Cara Mendirikan Lembaga Kursus atau Lembaga Pelatihan dan Keterampilan (LPK)


Inget waktu nonton video Pemprov DKI, pak ahok (wakil gubuernur DKI) nerima pendemo dari kaum buruh, marah-marah sama notulen-nya (or sekretarisnya-nya) yang masih nyatet notulennya pake tulisan tangan, padahal di depannya ada laptop, dan posisi rapat saat itu sangat membutuhkan keputusan rapat atau hasil rapat yang cepet.

Sama dapet kabar dari ade kelas waktu sekolah SMA dulu, yang sekarang udah punya tempat kursus komputer, kok jadi jealous ya? Kepengen punya juga, cz klo dipikir-pikir lumayan juga klo bikin kursus komputer, apalagi sekarang udah zamannya teknologi tingkat dewa, coba aja bayangin, berapa banyak pegawai negeri sipil (PNS) yang sekarang bisa menggunakan perangkat komputer, ya minimal pengolah kata sama data dech kaya office word sama excel, kebayang kan keuntungan yang bisa di ambil dari buka kursus ini?


Ya disamping niat untuk ngebantu para PNS, kan ga ada salahnya juga nyari tambahan pundi-pundi biar dapur tetep ngebul hehe :D. So iseng-iseng deh nyari langkah demi langkah gimana caranya untuk bikin kursus yang berlegalitas resmi, bukan sekedar yang asal jadi. Berkat bantuan mbah Google akhirnya justkapten nemu juga. :p

Pertama-tama untuk bikin tempat kursus atau kerennya Lembaga Pelatihan dan keterampilan (LPK) kita harus punya izin dari Dinas Pendidikan (Diknas), nah untuk ngurus izin diknas ini katanya sih ga terlalu ribet (katanya loh, inget katanya...hehe). kita harus punya surat keterangan tempat usaha (SKTU). Pengurusan SKTU memakan waktu 10 hari (kurang lebih, tergantung tempat agan tinggal). kita juga harus memiliki rekomendasi dari ketua RT, lurah dan camat.

Tapi sebelum mengajukan izin, terlebih dahulu berkonsultasi dengan pegawai Diknas Kota agan tinggal. biasanya disaranin coba dulu ngejalanin lembaga kursusnya. Kalo perkembangannya bagus baru minta izin. 

Jangan sampe begitu dapet izin, malah tutup. Setelah setengah bulan beroperasi, baru deh langsung ngajuin izin. Tapi kalo yakin peluangnya bagus, dari awal minta izin kursus juga ga masalah. 

Pemohon yang mau dapet izin lembaga kursus harus ngajuin proposal yang isinya latar belakang ama tujuan pendirian kursus.Sebenarnya izin kursus dikasih untuk satu jenis keterampilan. Tapi, kebanyakan pas  lembaga itu berdiri cukup lama dan terus berkembang, biasanya pengelola menambah jenis keterampilan.

Nah untuk satu rumpun ada tahapannya, terdaftar dulu selama enam bulan. Abis itu berjalan sekitar lima bulan, baru dah ngajuin lagi untuk dapat izin. Nanti agan di pantau, apakah lembaga kursus agan masih bertahan atau engga. Jangan-jangan cuma tinggal papan namanya doang lagi hehe.

Kalo udah enam bulan masih bertahan, agan bisa ngajuin perpanjangan dengan status izin tahap C yang berlaku selama satu tahun. Abis itu, tahap B berlaku dua tahun, dan tahap A untuk tiga tahun.

kalo udah bisa ngelewatin tahapan itu, lembaga agan bisa ngajuin izin perpanjangan karena kursus tersebut udah dapat akreditasi dari asesor Badan Pengembangan Pendidikan Nonformal (BPPNF) Kota agan tinggal.
Keuntungannya, kalo udah dapat akreditasi, maka lembaga kursus agan bebas untuk membuka akses seluas-luasnya. Selain itu, juga bisa mendapatkan bantuan dana loh gan. :D


Pengajuan Izin Lembaga Kursus
·         Membuat proposal
·         Fotokopi akte notaris jika berbentuk yayasan*
·         Fotokopi KTP atau SIM pimpinan
·         Ijazah pimpinan dan tenaga pendidik
·         Surat keterangan tempat usaha (SKTU)
·         Fotokopi izin terdahulu untuk perpanjangan
·         Surat keterangan ketua RT
·         Status kepemilikan tempat belajar
·         Rekomendasi HIPKI setempat
·         Pasfoto pimpinan ukuran 4x6 dua buah
·         Kelakuan baik dari kepolisian
·         Rekomendasi dari Kantor Cabang Dinas
·         Riwayat hidup (curriculum vitae) pimpinan kursus

3 komentar:

  1. Nice Info Mas...Matursuwun... :)

    BalasHapus
  2. saya ingin menanyakan saya ingin membuat kursus berbasis online, apakah saja saja persyaratannya atau berbeda

    mohon pencerahannya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...